Agar Rasa Makanan Enak, Taburkan Garam Pada Waktu Yang Tepat

Sebagian besar resep memerlukan tambahan garam bersama dengan bumbu lain, seperti merica, gula, dan lainnya. Waktu memasukkan penyedap terbilang penting karena akan memengaruhi rasa makanan.

Dikutip dari TheSpruceEats, idealnya garam dimasukkan pada awal proses masak.  Sebab garam membutuhkan waktu cukup lama untuk meresap ke dalam makanan dan mengeluarkan rasa aslinya.

Garam yang ditambahkan pada detik-detik masakan akan matang, rasanya akan kurang menyatu dengan rasa dari bumbu lain. Garam hanya berfungsi menambahkan rasa asin.

Contohnya saat masak sayuran, sebaiknya menaburkan garam pada sayuran mentah sebelum dimasukkan ke dalam oven atau kukusan untuk dimasak.

Hal ini bertujuan agar garam punya waktu untuk meresap ke dalam makanan saat dimasak. Rasa pahit sayuran akan diminimalisir garam dan meningkatkan rasa manis alami sayuran.

Taburan garam di bagian akhir juga dapat menambah sedikit rasa asin yang pas, melengkapi rasa manis dan pedas dari sayuran tersebut.

Namun, waktu menaburkan garam pada daging agak berbeda. Menggarami daging sebaiknya dilakukan beberapa jam sebelum masak.

Hal ini berfungsi agar garam dan membantu sari daging keluar dan berpadu dengan rasa asin. Sari inilah yang terbilang nikmat dan dapat menjadi perasa tambahan pada daging.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here