Beranda Berita Andi Akmal DPR : RI Perlu Bangun Sistem Produksi yang Berkualitas

Andi Akmal DPR : RI Perlu Bangun Sistem Produksi yang Berkualitas

Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin. Foto : Andri/Man

Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin meminta pemerintah untuk membangun sistem produksi garam yang berkualitas. Dengan begitu diharapkan akan meningkatan penyerapan garam rakyat oleh industri pengguna dan mengurangi ketergantunagan impor.

Menurut Akmal, bahan baku yang melimpah di Indonesia merupakan potensi besar untuk mengembangkan garam dengan kualitas industri maupun konsumsi. 

“:Saat ini, para pengusaha makanan minuman (mamin) memilih membeli garam impor karena kualitasnya lebih bagus dan harganya lebih murah,” ujar Akmal seperti dikutip pada laman dpr.go.id.

Politisi asal Sulawesi selatan II ini merujuk neraca garam nasional, bahwa kebutuhan garam nasional tahun 2019 sekitar 4,2 juta ton. Jumlah tersebut terdiri atas kebutuhan industri sebesar 3,5 juta ton, konsumsi rumah tangga 320.000 ton, komersial 350.000 ton, serta peternakan dan perkebunan 30.000 ton. Untuk Kebutuhan di 2020, 

ia memperkirakan tidak begitu jauh bahkan akan ada peningkatan pada masa pandemi ini karena usaha makanan minuman dalam kemasan meningkat.

“Saya berharap, kedepannya pemerintah mampu menciptakan sektor produksi garam yang memenuhi kebutuhan Nasional. Mengambil (menyerap) garam rakyat akan menjadi mudah ketika sistem industri garam kita sudah maju. Bukan saja memenuhi kebutuhan nasional, potensi Ekspor garam juga menjadi besar dan ini bila tidak menjadi perhatian khusus, sampe berpuluh tahun kedepan kita tidak akan ada kemajuan pada industri garam ini,” tutup Akmal. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here