Apakah Garam Punya Tanggal Kedaluwarsa?

Garam memang memiliki tanggal terbaik sebelum konsumsi (best before), tetapi tidak memiliki tanggal kedaluwarsa (expired). Garam kemasan yang pada di supermarket diberi tanggal di kemasan semata-mata karena supermarket tidak akan menyediakan produk tanpa tanggal “gunakan sebelum” (expired).

Dikutip dari Leaf.tv, sementara yang lain, menyantumkan tanggal “terbaik sebelum” (best before) karena rasa khas garam akan menghilang seiring waktu.  Bisa juga garam yang terlalu lama disimpan dengan cara tak benar menimbulkan rasa yang tidak diinginkan.

Garam konsumsi beryodium  yang diformulasikan di laboratorium dengan masa simpan tak terbatas, juga memiliki tanggal terbaik sebelum konsumsi.  Sebab zat yodium dan anti-penggumpalan ditambahkan ke dalamnya saat proses produksi. Tanggal expired dan best before ditetapkan demi kualitas, bukan untuk keamanan pangan, dalam artian kedua hal tersebut hanya sebagai pedoman.

Garam dapat garam mengganggu dan mencegah aktivitas mikroba, maka garam tidak mempunyai tanggal expired, seperti garam Himalaya yang sudah berusia 600 juta tahun masih dapat dikonsumsi dengan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here