Bagaimana Fungsi Garam Pada Proses Pembuatan Es Krim?

Es krim  dibuat lebih praktis menggunkan garam dan es batu, ketimbang kita memasukannya ke dalam freezer. Membuat es krim dengan es batu dan garam justru lebih mudah dan cepat, waktu yang dibutuhkannya hanya sekitar 15 menit saja.

Pada umumnya garam yang dicampur dengan es batu bisa membekukan es krim lebih cepat, lantas apa sebenarnya fungsi garam pada pembuatan es krim? dan mengapa es krim lebih cepat beku ?

Sobat garampedia, seperti yang kita ketahui bahwa semua cairan akan membeku pada suhu nol derajat celcius, namun hal ini tidak berlaku untuk es krim.

Penambahan gula dan lemak pada adonan es krim dapat mengganggu pembekuan pada adonan es krim, oleh karena itu es krim harus dibekukan pada suhu kurang dari nol derajat Celsius.

Nah selain dengan kita masukan ke freezer ada acara yang lebih singkat yaitu dengan menambahkan garam pada es batu untuk mebekukan adonan es krim.

Tujuan menambahkan garam pada es batu itu apa ? Tujuannya adalah menurunkan titik bekunya, jadi es krim bisa cepat membeku dan membentuk kristal es.

Jika tidak diberi garam es krim tidak akan membeku, justru es batu mecair karena meyerap panas di sekelilingnya.

Secara singkat garam memiliki sifat hidrofilik yang mampu mengikat molekul air, sehingga dapat membuat es krim membeku.


Proses pembuatan es krim menggunakan garam diyakini sudah ada sejak dulu. Pembuatan es goyang pun menggunakan metode pembekuan dengan cara ini.  Jenis garam yang umum digunakan untuk membuat es krim ialah garam krosok atau kasar kasar. Walau begitu kamu bisa menggunakan garam meja atau garam dapur biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here