Beranda Infografis Faktor Penting Industri Garam di Indonesia

Faktor Penting Industri Garam di Indonesia

Faktor terpenting dalam produksi garam bukanlah laut luas. Sebab, jika itu patokannya, maka negara-negara mikronesia yang wilayah lautnya bisa mencapai 95 persen dari keseluruhan teritori tentu akan menjadi produsen terbesar garam.

Faktanya, garam tidak diproduksi di laut. Garam harus dibuat di darat dan oleh karena itu faktor ketersediaan lahan menjadi salah satu unsur utama produksi garam. Punya garis pantai terpanjang sekalipun tidak menolong Indonesia untuk menghasilkan garam. Sebab, tidak seluruh pantai dipakai sebagai ladang garam. Sebagian ruas pantai juga dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi lain, dari tambak hingga pariwisata. Bahkan, lebih mudah menemukan tempat penginapan dibanding mencari ladang garam di pantai- pantai Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Perlu diketahui juga, tidak semua dari sepuluh negara dalam daftar pemilik pantai terpanjang di Bumi tercatat sebagai produsen ataupun eksportir garam. Bahkan, ada negara yang tergolong punya pantai panjang tetapi tercatat sebagai salah satu negara importir garam terbesar. Ada pula negara yang tercatat dalam dua tabel: produsen sekaligus importir terbesar seperti Amerika Serikat dan Cina.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here