Industri Garam di Kupang Masih Terkendala Izin

impor garam

Rencana pembangunan tambak garam di wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih terkendala dengan perizinan.

Diketahui bahwa, Nusa Tenggara Timur dinilai memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan industri garam nasional.

Terlebih di Pulau Timor yang memiliki curah hujan yang rendah dengan tingkat evaporasi yang cukup tinggi, sangat potensial untuk industri garam.

Pembangunan industri garam di daerah tersebut bertujuan menyediakan garam  bagi kebutuhan nasional. Hal itu selaras dengan cita-cita pemerintah menjadikan NTT sebagai salah satu sentra garam nasional.

Tidak cukup hanya dengan intensifikasasi lahan, tetapi juga diperlukan ekstensifikasi. Perlu adanya komunikasi yang terbangun dengan pemerintah daerah terkait program ekstensifikasi lahan garam di NTT.

Usaha garam di NTT sudah dijalani sejak 26 tahun lalu, namun belum bisa berproduksi karena masih terkendala dengan masalah perizinan.

Lahan garam di NTT  sangat  potensial. Sudah saatnya masyarakat NTT  menikmati kekayaan alam yang tidak terkelola selama ini.

Penulis : Rahmat Dolar, Mahasiswa APP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here