Kemenperin Pastikan Garam Lokal Terserap Jika Menenuhi Syarat Ini

Kementerian Perindustrian memastikan industri pengguna garam siap menyerap garam lokal, tetapi dengan satu syarat standarisasi garam lokal harus memenuhi persyaratan industri.

penyerapan garam

Kementerian Perindustrian memastikan industri pengguna garam siap menyerap garam lokal, tetapi dengan satu syarat standarisasi garam lokal harus memenuhi persyaratan industri.

“Bagus, jadi kami sangat menyambut baik karena itu sebenarnya bukan hal baru, dari tahun 2019 Kementerian Perindustrian sudah memfasilitasi pertemuan antara industri pengguna garam dan petambak garam, di kantor kami bahkan, sudah ada MoU yang mewajibkan industri membeli dari petani garam,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, Jumat (6/3). 

“Tapi juga kita perlu mengetahui bahwa subtitusi itu spesifikasinya khusus, dari kebutuhan garam,” katanya.

Agus menyampaikan untuk memenuhi standar industri, garam harus mengandung 98 persen natrium klorida (NaCl). Adapun, garam lokal melalui serangkaian upaya teknologi itu baru mengandung 95 persen NaCl.

“Jadi harus dilihat NaCl-nya, harus di atas 98 persen, itu hal-hal yang akan diperhatikan industri,” ujarnya. 

Berdasarkan data Kemenperin, industri menufaktur mendominasi konsumsi garam yakni 83,7 persen atau 3,5 juta ton pada tahun ini. Industri chlor alkali plant CAP mengonsumsi 67,86 persen, diikuti industri makanan dan minuman 30,35 persen atau 1,1 juta ton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here