Beranda Kolom Kenapa Garam Bisa Menjadi Pengawet Alami?

Kenapa Garam Bisa Menjadi Pengawet Alami?

garem sebagai pengawet
garam membunuh bakteri

Garam telah lazim digunakan sebagai pengawet makanan baik sekala industri maupun sekala rumahan. Pengawetan makanan dengan garam sudah dilakukan berabad-abad lamanya, dimulai dari peradaban Mesir kuno.

Garam bisa digunakan sebagai pengawet melalui dua cara. Makanan diawetkan dalam butiran garam disebut dry curing (pengeringan), teknik ini sudah dilakukan selama berabad-abad untuk mengawetkan makanan. Contoh mengawetkan makanan dengan cara ini adalah pembuatan ikan asin. Teknik ini juga dilakukan untuk mengawetkan daging. Teknik kedua dengan cara mengawetkan makanan dengan teknik brine, contohnya adalah telur asin dan acar.

Lantas bagaimana garam bisa mengawetkan makanan? Sebab pertama adalah tingkat kosentrasi tinggi pada garam dapat menyerap cairan pada mikroorganisme, maka bakteri pun mati karena tidak memiliki cairan dalam tubuh. Sebab kedua yaitu garam dapat mematikan mikroba karena perbedaan tekanan cairan di tubuh mikroba dengan cairan garam yang berada di luar tubuh mikroba.

Makanan yang diberi garam membuat makanan awet lebih lama walaupun tanpa teknik dry curing atau brine. Garam memperlama proses pembasian yang disebabkan oleh mikroorganisme yang berkembang biak dan melepaskan racun berbahaya bagi tubuh manusia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here