Beranda Kolom Kenapa Garam Farmasi Tidak Bisa Dari Garam Lokal

Kenapa Garam Farmasi Tidak Bisa Dari Garam Lokal

garam obat

Garam merupakan salah satu bahan baku bagi industri farmasi. Garam kualitas tinggi ini digunakan industri farmasi sebagai infus, produksi tablet, pelarut vaksin, obat sirup, oralit, cairan pencuci darah (hemodialisis), hingga kosmetik. Diperkirakan 50% molekul obat yang diproduksi oleh industri farmasi mengandung garam.

Garam yang dipakai harus bermutu tinggi dengan kadar NaCl minimal 99,8%.  Syarat lainnya, produk garam tak mengandung ion barium, pH yang harus tepat 7 dalam tiga digit dibelakang koma. Selain itu kandungan pengotor pada garam seperti Ca dan Mg < 50 ppm, sulfat < 150 ppm serta tidak adanya logam berat lainnya. Garam yang dipakai garam industri tidak dapat dipenuhi oleh garam lokal yang dihasilkan oleh cara tradisional. Garam yang diolah secara tradisional mengandung NaCl 88%-92,5%.

Garam yang tidak sesuai dengan standar dengan bahan baku industri farmasi akan berpengaruh pada kualitas produk farmasi, keamanan pemakaian pada manusia, dan kinerja obat itu sendiri. Kandungan NaCl dalam garam secara signifikan mempengaruhi sifat-sifat dari produk obat itu sendiri.

Penggunaan garam yang tidak sesuai dengan kiteria bahan baku industri farmasi menyebabkan hal yang fatal bagi pasien. Hal ini telah disampaikan oleh Rudi Santoso selaku plant manager PT Intan Jaya Medika sebuah perusahaan memproduksi cairan pencuci darah. Jika cairan pencuci darah dengan menggunakan garam lokal maka faktor keamanan bagi pasien terabaikan. Hal ini dapat akan menyebabkan kejang-kejang bagi pasien (Detik.com, 2018).

Penggunaan garam dari lahan garam tradisional pada bahan baku industri membawa masalah pada pengolahan obat karena membentuk formasi solvat. Formasi solvat dapat bereaksi dengan bahan-bahan kandungan lainnya di suatu obat. Reaksi ini menyebabkan perubahan reaksi kimia yang tidak terkendali dari fisio kimia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here