Menteri KKP : Butuh Terknologi Terbaru Untuk Meningkatkan Kualitas Garam

Kualitas Garam

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, mengatakan untuk meningkatkan produksi garam rakyat, maka dibutuh alat dan teknologi terbaru. 

Tidak dijelaskan secara spesifik teknologi seperti apa yang akan digunakan Kementerian KP, namun dengan adanya teknologi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kadar NaCl (Natrium Klorida) garam dalam negeri menjadi di atas 97 persen sesuai kebutuhan industri. Selain itu penggunaan geo-membran juga bisa menaikkan produksi sampai 40 persen.

“Caranya produksi garam harus dibantu dengan geo-membran, karena bisa menambah produksi sampai 40 persen. Kita cari juga alternatif, kami mau cari jalan keluar untuk para petani garam,” kata Menteri Edhy, di Jawa Barat. 

Edhy menuturkan produksi garam rakyat yang sekarang ini NaCl nya masih di bawah 97 persen. Karena itu tidak bisa memasok ke industri.

Dengan kondisi seperti itu, lanjut dia, harus dilakukan upaya menaikkan NaCl agar produksi garam rakyat bisa laku untuk kalangan industri.

“Yang akan saya lakukan terhadap garam rakyat ini, saya akan pastikan kualitas garam kita NaCl nya di atas 97 persen,” ujarnya.

Ia juga mengatakan saat ini pemerintah belum bisa mengurangi impor garam industri. Sebab ketika tidak ada impor, kata dia, maka industri-industri yang membutuhkan garam akan mati.

“Kalau sekarang kami tidak bisa menuntut karena produksinya belum ada. Kita ngotot tidak boleh ada garam impor, maka industri-industri yang lain akan mati,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here