Pemerintah Perlu Mendorong Petani Garam Untuk Penuhi Kebutuhan Industri

petani garam

Impor garam tidak lepas dari belum mampunya para petani garam lokal untuk memenuhi kebutuhan industri. Selain itu, harga garam lokal juga relatif lebih mahal daripada garam impor.

Di sisi lain, rendahnya kualitas garam rakyat dinilai bisa menjadi pemicu terus naiknya permintaan impor garam dari industri aneka pangan.

Pemerintah sebaiknya membenahi permasalahan komoditas garam mulai dari hulunya, salah satunya dengan meningkatkan keterampilan produksi para petani garam. Hal ini dimaksudkan agar garam produksi mereka juga bisa digunakan untuk kebutuhan industri.

Selama ini industri tidak dapat menyerap atau menggunakan garam rakyat karena kualitasnya yang rendah. Garam yang dihasilkan oleh petani hanya memiliki kadar natrium klorida (NaCL) yang kurang dari 94%.

Sementara yang dibutuhkan oleh industri adalah garam yang memiliki kadar natrium klorida (NaCL) paling sedikit 97% dihitung dari basis kering.

Upaya untuk mengangkat kesejahteraan para petambak garam skala kecil ini, harus terus dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Pemerintah Indonesia harus fokus untuk meningkatkan kualitas garam rakyat agar bisa menjadi garam untuk industri yang bisa disalurkan kepada industri aneka pangan.

Dengan meningkatkan kualitas garam produksi usaha rakyat, ketergantungan kepada garam impor akan bisa dikurangi secara bertahap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here