PT IDK: Kami Dalam Proses Pembuatan Lantai Garam

Untuk menghasilkan garam industri yang berkualitas maka harus membuat meja garam atau lantai garam. Pembuatan meja garam membutuhkan proses yang panjang karena ketebalan meja garam harus sesuai standar.

Persoalan garam merupakan persoalan nasional yang sampai kini tidak kunjung selesai permasalahannya. Disatu sisi kualitas garam nasional kurang memenuhi syarat sebagai garam industri karena kandungan NaCl-nya kurang dari 97%.

Disisi lain masih rendahnya kualitas kebersihan garam untuk dikonsumsi sebagai makanan. Untuk mendapatkan garam industri berkualitas baik maka pembuatan garam industri membutuhkan proses yang akurat. Kemudian hasil garamnya dianalisa secara kualitatif.

PT Inti Daya Kencana (IDK) sampai saat ini belum panen garam industri karena masih dalam proses pembuatan meja garam (lantai garam). Pembuatan meja garam membutuhkan proses yang panjang agar kita dapat menghasilkan garam industri yang berkualitas.

Hal ini disampaikan oleh General Manajer Johannes Tarigan melalui pesan singkat (WhatsAap) pada, Kamis (6/2).

Menurut Johannes, untuk menghasilkan garam industri yang berkualitas maka kita harus, pertama membuat meja garam atau lantai garam. Pembuatan meja garam membutuhkan proses yang panjang karena ketebalan meja garam harus sesuai standar. Tujuan meja garam adalah untuk pengkristalan garam agar dapat menghasilkan garam industri yang bekualitas.

“Jadi tidak benar kalau PT IDK gagal panen karena pada bulan Oktober itu kristal garam sudah terbentuk dan kita dalam proses pembuatan meja garam”, kata Johannes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here