Selain Untuk Memasak, Ternyata Garam Memiliki 7 Manfaat Lainnya

garam untuk buah buahan

Pernah mengira gak sih, kalau garam ternyata tidak hanya digunakan untuk memasak? Nggak percaya? Coba simak artikel ini deh, kamu bakal tahu apa saja manfaat garam selain untuk memasak.

Garam sudah digunakan kurang lebih selama 6000 tahun yang bermanfaat terutama dalam hal masak-memasak.

Hampir setiap jenis masakan, pasti membutuhkan garam sebagai bumbu utama. Hal ini tentu karena garam yang berasa asin merupakan lima sensasi rasa dasar, manis, asam, pahit dan gurih.

Ternyata, bukan hanya sebagai penyedap rasa aja lho, kandungan mineral pada garam juga bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari menyeimbangkan gula darah, memperkuat tulang, memperlancar metabolisme, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Siapa sangka, manfaat garam ternyata tidak hanya untuk memasak. Garam memiliki segudang manfaat lainnya, daripada hanya menjadi bumbu untuk masakan.

Berikut adalah beberapa manfaat garam yang sudah dirangkum:

1. Mencegah buah yang dipotong berubah warna.

Buah yang dipotong lama-kelamaan berubah warna menjadi kecokelatan. Selain dengan jeruk nipis, air garam bisa mencegah perubahan warna pada buah sehingga terlihat segar.

2. Membersihkan gigi.

Bersihkan gigi dengan ¼ sendok teh garam dengan baking soda lalu berkumur dengan air hangat. Atau bisa juga mencampurkan pasta gigi dengan garam kemudian mulailah menyikat gigimu.

3. Menghilangkan bakteri dan bau mulut.

Bau mulut biasa disebabkan oleh kuman dan bakteri. Nah, untuk menghilangkannya adalah dengan melarutkan garam dengan air hangat dan berkumur selama beberapa detik secara rutin.

4. Menyingkirkan bau apek dalam sepatu.

Sepatu kets dan kanvas lama-lama bisa mengeluarkan aroma tidak sedap jika terus-terusan dipakai tanpa pernah dicuci sekalipun, terutama jika Anda tidak pernah pakai kaos kaki saat memakainya.

Singkirkan bau sepatu memalukan tersebut dengan menaburkan sedikit garam di sol dalam sepatu Anda.

5. Mengikis karat.

Barang-barang yang terbuat dari besi tak luput dari karat mengganngu. Untuk mengatasinya, celupkan waslap bersih ke dalam larutan perasan jeruk nipis dan sejumput garam, kemudian gosok tepat di area yang berkarat.

6. Mengatasi jerawat.

Jerawat yang membandel memang menjengkelkan. Mengobatinya bisa dengan menggunakan garam. Pertama, larutkan satu sendok makan garam dengan air dan celupkan kapas ke dalamnya lalu aplikasikan pada area jerawat. Kemudian biarkan sampai kering dan bilas dengan air bersih.

7. Mengobati luka.

Garam berfungi sebagai anti peradangan, maka jika kulit kamu terluka cukup rendam lukamu pada air hangat yang dicampur garam selama beberapa menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here